20
Feb
09

fenomena batu ajaib , budaya latah & penjiplakan

heroes_lAkhir-akhir ini di Indonesia ada fenomena baru, yaitu bermunculannya manusia-manusia sakit,eh sakti…. bersama dengan senjata ampuhnya…yaitu batu.Batu itu sangat ajaib, karna mampu “menyembuhkan” manusia dari kewarasan otaknya.Dan siapapun yang memiliki batu itu, akan dianggap titisan dewa.apapun yang berhubungan dengan si pemegang batu itu,dianggap mampu menyembuhkan sakitnya orang lain (menyembuhkan penyakit fisik dengan merubahnya menjadi penyakit mental).Mulai dari air bersih yang dicelupkan batu, air comberan,bahkan mungkin kotorannya sekalipun dianggap obat. Berbondong orang-orang sakit berkunjung ke titisan dewa tersebut, baik yang sakit beneran..maupun sakit mental,terutama yang sakit otaknya.

Munculnya orang-orang sakit,eh sakti itu…dimulai dari bocah cilik yang terkena sambaran petir dari dewa petir.Dulu ada film Hero Indonesia yang pernah populer dikalangan remaja & anak muda (yang sekarang udah pada tua) mungkin anda tau yang namanya Gundala…nah ceritanya rada2 mirip dengan ini (kalo gak mirip..dimirip2in aja).Dan seperti biasa,berita ini jadi santapan pihak media dengan nara sumber dukun-dukun yang sakti mandraguna,melebihi saktinya si Mandra dan Hero Amerika.Jika di Amerika sana ada serial fiksi yang namanya Heroes,maka di Indonesia serial ini dalam bentuk “nyata” dan memiliki fakta…..fakta bahwa di Indonesia yang namanya fiksi bisa jadi nyata…alias hayalan bercampur dengan kenyataan.

Di Indonesia masyarakatnya dikenal dengan budaya latah.Kenapa budaya latah ini ada di Indonesia? Karna di Indonesia memang latah itu bisa menghasilkan duit.Salah satu bukti nyata adalah latahnya para artis.Nah,kesaktian batu ini juga ikut terkena budaya latah! Setelah yang satu muncul,maka bermunculan batu lainnya dengan sedikit modifikasi cerita asal muasal batu.Anehnya,pasiennya juga ikutan latah…sama ramenya dengan pasien dukun yang pertama.

Ada kejadian yang lebih menarik.Mungkin di salah satu derah Riau ini bisa menjadi inspirasi buat daerah lain,agar tidak menjiplak secara penuh seperti budaya menjiplak di TV nasional (sekarang ini tv kita lagi seneng2nya muterin lagu kayak di Radio).Di daerah ini sutradaranya membuat cerita yang sangat jauh berbeda dengan cerita di Jawa,yaitu KANAL AJAIB ,walaupun mungkin inspirasinya juga didapat dari cerita di jawa itu,karna kejadian ini muncul setelah kejadian di Jawa.Untuk lebih lanjut…baca beritanya di : RIAUPOS

Akhirnya…kita kembalikan kepada masing-masing otak dan hati nurani.Bagi yang bersikap realistis,anggap lah mereka ini adalah anak-anak yang masih seneng memasukkan cerita fiksi ke dalam kehidupan nyata.Dan bagi yang masih percaya dukun…..percayalah…dukun juga manusia …Tuhan lah yang menentukan…..halah!πŸ˜†

link :
Berita-berita soal fenomena batu ajaib

NO OFFENSE!:mrgreen:


0 Responses to “fenomena batu ajaib , budaya latah & penjiplakan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Februari 2009
S S R K J S M
« Nov   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

%d blogger menyukai ini: